Cara Mudah Mengatasi Panik Attack

Cara Mudah Mengatasi Panik Attack – Serangan panik mungkin hanya terjadi satu kali dalam seumur hidup, namun banyak orang yang harus menjalani kehidupannya dengan ketakutan bahwa serangan panik akan tiba-tiba datang lagi. Serangan yang berulang umumnya dipicu oleh suatu situasi spesifik, misalnya menyeberang jalan atau berbicara di depan umum. Terutama jika situasi itu pernah menyebabkan serangan sebelumnya, atau jika orang tersebut memiliki fobia atas situasi pemicu serangan paniknya.

Gangguan kecemasan sebenarnya merupakan payung besar yang melingkupi enam macam gangguan psikis, yaitu generalized anxiety disorder (GAD), serangan panik atau panic attack, obsessive-compulsive disorder (OCD), fobia, social anxiety disorder, dan post traumatic Disorder (PTSD).

Cara Mendeteksi Panik Attack

Menurut Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM 5), serangan panik dikarakteristikan oleh empat atau lebih dari gejala di bawah ini. Dan beberapa dari mereka menahannya di tempat umum dengan berpegangan tangan, menahan tangis atau mencari kegiatan lain. Yang parah adalah beberapa orang yang mengalami panik attack, memilih pergi ke tempat yang sepi dan melampiaskannya dengan menangis atau marah sejadi-jadinya untuk mengurangi panik yang mereka alami. Berikut ini adalah ciri utamanya :

  • Jantung berdebar, laju jantung cepat.
  • Keringat deras.
  • Gemetaran, menggigil.
  • Sensasi kehabisan napas, kesulitan bernapas.
  • Merasa tercekik atau seperti tersedak.
  • Nyeri atau rasa tidak nyaman di dada.
  • Mual, atau perut bergejolak.
  • Rasa seperti kehilangan kontrol atas tubuh, merasa gila.
  • Ketakutan akan mati.
  • Mati rasa atau paresthesia.

Beberapa orang yang mengalami ini, secara garis besar mengalami susah tidur dan interaksi sosial secara bertahap, bahkan berujung depresi. Kecemasan dan depresi dipercaya mengakar dari kerentanan biologis yang sama, yang dapat menjelaskan mengapa kedua kondisi yang berlainan ini sering kali terjadi tumpang tindih.

Depresi memperparah gejala gangguan kecemasan, begitu pula sebaliknya. Penting untuk Anda mencari pertolongan untuk kedua masalah psikis ini.

Cara Mudah Mengatasi

Serangan panic attack lebih dari sekadar serangan kepanikan biasa. Jika kita abaikan, maka akan berakibat fatal. Misalnya, kita akan kehilangan kontrol atas diri atau merasakan sensasi terlepas dari diri sendiri (derealization dan depersonalization). Cobalah konsultasi dan pelajari gejalanya, dari yang ringan sampai yang terberat. Baca cara mudah mengatasinya seperti di bawah ini.

  • Kenali Panic Attack Lebih Dalam : Saat panic attack biasanya tubuh kita mengirimkan sinyal “bahaya” sehingga kita merasa ketakutan. Dalam keadaan seperti ini, secara otomatis tubuh kita merespon dengan beberapa sensasi fisik maupun psikologis. Banyak orang mengalami gejala panic attack, tetapi menyangka dirinya mengalami serangan jantung (heart attack). Maka, mengenali gejala, penyebab, serta sensasi-sensasi lain yang terjadi saat panic attack menjadi penting untuk diketahui.
  • Hadapi Pemikiran-Pemikiran Negatif : Ketika panik attack menyerang, maka secara tidak langsung diri kita dikuasai oleh pikiran-pikiran kita sendiri. Ada baiknya kita belajar untuk mengendalikan pikiran kita terutama pemikiran negatif. Untuk dapat mengendalikan pemikiran negatif, kita perlu mengahadapinya yaitu dengan cara mengurai pemikiran-pemikiran negatif tersebut apakah benar atau hanya sebatas pemikiran kita saja. Dari pemikiran tersebut kita bisa lebih rasional dan seimbang dalam merespons sensasi-sensasi yang terjadi pada tubuh kita selama panic attack terjadi.
  • Meditasi : Meditasi adalah salah satu cara mengenali emosi-emosi dan hal-hal yang terjadi dalam diri kita dengan penuh kesadaran (mindful). Mindfulness adalah jenis meditasi yang diadaptasi untuk terapi gangguan-gangguan psikologis, diantaranya panic attack dan gangguan kecemasan.
  • Yoga & Menjaga Pola Makan : Yoga dikenal sebagai terapi yang melibatkan tubuh dan pikiran secara seimbang. Olahraga terbukti menjadi salah satu pengobatan panic attack dan gangguan kecemasan yang efektif. Di samping itu, menjaga pola makan juga penting untuk menyeimbangkan tubuh dan pikiran.
  • Psikoterapi : Psikoterapi atau “talk therapy” bisa dilakukan dengan para profesional, salah satunya dengan metode Cognitive Behavioral Therapy (CBT). Melalui CBT, kita diajarkan bagaimana mengelola kecemasan dan ketakutan melalui pengendalian pikiran, perilaku, dan bagaimana bereaksi terhadap suatu situasi yang dapat memicu kepanikan.

Jika panic attack menyerang kita di lain waktu, pastikan kita menghadapinya. Jangan pernah lari dan membiarkan panic attack itu lari dari kita. Hadapi dengan penuh kesiapan dan kewaspadaan. Jika kita cukup berbekal dan rajin berlatih untuk menghadapi panic attacktersebut, maka pada akhirnya akan membaik. Dan lagi, jangan merasa putus asa jika kita tidak membaik secara langsung. Semua adalah proses.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.